Sabtu, 27 Desember 2008

Klorofil Membantu Mata Melihat di Malam Hari

Lebih memilih mengkonsumsi sayuran hijau ketimbang umbi-umbian bisa menjadi faktor penting untuk penglihatan yang baik di malam hari, menurut ilmuwan di Amerika Serikat. Ilyas Washington dan rekan-rekannya di Universitas Columbia, New York, telah menunjukkan bahwa sebuah turunan klorofil bisa meningkatkan kesensitifan mata terhadap cahaya merah.

Dalam penglihatan, cahaya mengaktivasi sebuah pigmen penglihatan yang mengirim sinyal listrik ke otak. Proses ini terjadi dalam retina dan sel kurucut dan batang. Sel-sel batang tidak sensitif terhadap warna dan sel-sel kerucutlah yang utamanya bertanggungjawab untuk penglihatan warna kita. Akan tetapi, apabila cahaya redup, sel-sel kerucut tidak berfungsi dan sebagian besar benda di sekeliling kita akan tampak dengan warna hitam-putih. Ini juga berarti bahwa kita tergantung pada sel-sel batang untuk melihat dalam kondisi gelap. Karena sel-sel batang ini sangat intensif pada warna merah dari spektrum sinar tampak, Washington memikirkan "Bagaimana seseorang dapat meningkatkan penglihatan di malam hari terhadap cahaya merah?"

Dengan didorong oleh penelitian yang menemukan bahwa ikan arwana di kedalaman laut melihat dengan menggunakan klorofil, para ilmuwan ini memberikan sebuah turunan klorofil (klorin e6) kepada mencit percobaan untuk membuktikan apakah penglihatan mencit terhadap warna merah meningkat. Dengan menggunakan teknik yang disebut elektroretinografi, yang mengukur respon sel retina terhadap kilasan cahaya, peneliti ini menemukan bahwa mencit yang diperlakukan dengan klorofil tadi menunjukkan respon yang hampir dua kali lipat terhadap cahaya merah jika dibandingkan dengan mencit yang tidak diberi klorofil. Mereka juga menunjukkan bahwa klorin e6 terlokalisasi dalam retina dan menyimpulkan bahwa kesensitifan penglihatan yang meningkat tersebut merupakan hasil dari penyerapan cahaya oleh klorofil.

Washington saat ini sedang melakukan penelitian yang serupa pada manusia. Ada kemungkinan bahwa mengkonsumsi suplemen turunan klorofil bisa memperbaiki penglihatan di malam hari, paparnya.

(dikutip dari: Soetrisno, http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=164)

Tidak ada komentar: