Jumat, 12 Desember 2008

Cat Mobil Anti Korosi

Fosfonat dapat memberikan perlindungan bagi cat mobil metalik. Peter Tasker di Universitas Edinburgh, Inggris, dan rekan-rekannya meneliti berbagai senyawa asam fosfonat yang bisa terikat ke aluminium yang teroksidasi dengan mudah. Serpihan-serpihan aluminium memberikan kilau reflektif pada beberapa cat mobil, tetapi permukaan kilau ini bisa menjadi pudar akibat pembentukan aluminium oksida.

"Teknik yang lazim digunakan untuk menjaga reflektifitas (keterpantulan) serpihan-serpihan aluminium tersebut melibatkan proses chromating, tetapi pertimbangan terhadap sifat-sifat karsinogeniknya telah mendorong pencarian reagen-reagen yang lebih lunak," kata Tasker. "Teknik yang menggantikan cat-cat berbasis pelarut dengan lapisan-lapisan berbasis pelarut-air memiliki kesulitan teknis dalam menghasilkan dispersi kilau-kilau aluminium yang stabil, karena lapisan-lapisan ini bereaksi dengan air."

Reaksi aluminium dengan air menghasilkan aluminium trihidroksida dan gas hidrogen. Tim Tasker menemukan bahwa fosfonat yang terikat kuat ke aluminium juga sangat mengurangi jumlah hidrogen yang dihasilkan dari sebuah suspensi kilau aluminium dalam sebuah model cat yang berbasis air.

Tim peneliti ini membandingkan kilau-kilau terproteksi fosfonat yang mereka buat dengan sampel-sampel yang tersedia di pasaran, dan menemukan bahwa kilau-kilau yang mereka buat berkinerja sama baiknya dengan kilau aluminium yang terproteksi silika.

"Fosfonat telah dibuktikan sebagai senyawa pengikat yang baik untuk aluminium dan menjanjikan untuk teknik permukaan alimunium teroksidasi," kata Tasker.

Disadur dari: http://www.rsc.org/chemistryworld/

(dikutip dari: soetrisno, http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=194)

Tidak ada komentar: