Sabtu, 31 Januari 2009

Inisiator Polimer Ramah Lingkungan

Inisiator berbasis alkoksida dari zirkonium dan hafnium sangatlah aktif dan mudah dikontroSebuah inisiator jenis baru yang membantu pembentukan dari polimer ramah lingkungan tanpa keterlibatan pelarut telah dikembangkan. Para peneliti dari Inggris menyatakan bahwa keuntungan dari hal ini adalah laju produksi yang meningkat dan pengendalian yang lebih besar dari sifat sebuah polimer.

Matthew Davidson dan rekan sejawatnya dari University of Bath, telah mensisntesis inisator berbasis zirkonium dan hafnium alkoksida dengan kemampuan untuki merubah produksi poliaktida. Inisiator ini sangatlah aktif dan mudah dikontrol. Secara signifikan, inisiator ini mampu bekerja dalam kondisi yang encer dan juga mampu meningkatkan polimer stereoselektif dalam kondisi tanpa pelarut, dimana hal ini tidak dimiliki inisiator lainnya. Mengatur stereokimia sangatlah berguna karena hal ini mampu memberikan suatu kontrol terhadap sifat dari inisiator.

Poliaktida memiliki aplikasi yang banyak, mulai dari pengemasan hingga penjahitan dan implan pada makhluk hidup. Selain itu poliaktida adalah sebuah material biodegradable dan merupakan senyawa turunan dari sumber yang dapat diperbaharui seperti tepung jagung. Hal ini lah yang membuat poliaktida menjadi sebuah alternatif yang menarik untuk industri petrokimia berbasis polimer. Kebutuhan untuk menggantikan produk petrokimia dengan alternatif kekayaan alam yang dapat diperbaharui merupakan motivasi utama untuk penelitian ini. Selain itu kebutuhan untuk menemukan katalis baru yang tidak menggunakan inisiator berbasis timah, dan mencari inisiator baru dengan logam yang lebih jinak・ pada Periode 4 merupakan alasan lain penelitian ini.

Seorang spesialis terkemuka pada proses katalisis polimerisasi, Malcolm Chisholm dari Ohio State University, Columbus, Amerika, berujar polimerisasi pencairan adalah sebuah bidang yang diminati industri dan polimerisasi stereoselektif adalah bidang yang lebih menarik. Sampai saat ini tidak ada katalis lain yang mampu melakukan pencairan ini・

Davidson berencana untuk mengembangkan lebih banyak inisiator berbasis logam 阻inak・untuk polimer ramah lingkungan lainnya. Untuk melakukan ini ia berkata sebuah pemahaman yang lebih besar terhadap mekanisme dari asal mula stereokontrol dalam sistem seperti ini diperlukan untuk mendesain katalis dengan selektifitas yang diinginkan・Ia mengusulkan sebuah kolaborasi dari ahli kimia komputasi dan studi kinetik yang terperinci untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

(dikutip dari: Tomi Rustamiaji, S.Si, ITB, http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=147)

Tidak ada komentar: